Meningkatkan akselerasi motor matic memang sebenarnya banyak caranya. Misalnya dengan ganti roller.
Tapi jangan asal ganti, kalau salah pilih roller yang ada tarikan malah jadi makin berat.
Di motor matic biasanya memiliki 6 buah roller yang punya bobot yang tiap merek berbeda-beda.
Ambil contoh di Honda BeAT rollernya berbobot 13 gram, Vario 15 gram, hingga NMAX yang di angka 11-13 gram.
Nah kalau mau bikin akselerasi makin kencang, roller di motor matic tinggal diganti dengan yang lebih enteng dari standarnya.

Misal kamu pakai Honda BeAT yang roller standarnya 13 gram, bisa coba pakai yang 11 gram.
Nah jangan nafsu berpikir makin enteng makin kencang juga, karena roller yang terlalu ringan bikin putaran atasnya loyo.
Semakin ringan roller, akselerasi memang meningkat tapi top speed akan berkurang.
Ini prinsipnya mirip dengan di motor standar non matic yang pakai kombinasi rasio sprocket.

Jadi sebaliknya juga nih, kalau pakai roller yang lebih berat akselerasi memang akan berkurang namun saat di rpm tinggi tenaganya akan lebih ngisi.
Cocok buat yang suka geber jarak jauh misal touring melewati jalan lurus panjang macam pantura.
Nah tinggal sesuaikan aja nih sama keperluan, mau lebih gesit atau kuat menanjak ya ganti roller lebih ringan 2 gram dari standarnya.
Tapi kalau suka touring dan manteng di rpm tinggi, bisa coba beratin roller 2 gram aja dari standarnya.
Ingat jangan banyak-banyak selisih bobot rollernya kalau mesin dan komponen lain masih standar.
Gampang kan?
Yuk baca lagi artikel otomotif lainnya di oto24.id dan follow info update di media sosial IG @oto24.id!