Belum Banyak yang Sadar, Cara Kerja Mesin Daihatsu Rocky Hybrid Mirip Lokomotif Kereta Api!

Mesin hybrid memang seringkali dianggap teknologi baru. Padahal sebenarnya sudah umum banget dan mungkin sudah banyak merasakan. Cuma pada enggak sadar aja…

Ambil contoh deh di Daihatsu Rocky Hybrid yang baru saja diperkenalkan 23 Juli 2025 lalu di ajang GIIAS. Mengusung nama e-Smart Hybrid yang bertipe ‘series hybrid’.

Jadi mesin 1.200cc berkode WA-VEX itu hanya digunakan untuk mengisi baterai yang kemudian barulah menggerakkan motor listrik.

Bagan series hybrid di Daihatsu Rocky

Keluaran tenaga dari motor listriknya mencapai 99,2 hp dengan torsi maksimal 135 Nm. Sudah gitu diklaim memiliki konsumsi bbm irit 1 liter bisa untuk 28 km.

Nah… Meski terlihat seperti teknologi baru yang canggih, banyak yang belum sadar nih kalau konsep ‘series hybrid’ ini sudah umum di lokomotif kereta api berjenis diesel elektrik di Indonesia seperti CC201, 202, 203, hingga 206.

Prinsip kerjanya saja ya yang mirip… Jadi daya dari mesin diesel lokomotif sama sekali tidak digunakan buat menggerakkan roda, melainkan untuk menyuplai tegangan ke alternator yang nantinya menggerakkan motor traksi listrik!

Prinsipnya memang sama, tapi penerapannya di lapangan jelas beda yah. Ini cuma penyederhanaan aja lho…

Yang jelas, konsep series hybrid ini enggak bisa disamakan dengan sistem hybrid lain seperti mild hybrid di Suzuki Fronx dimana mesin listriknya bisa bekerja berbarengan buat membantu kinerja mesin bensin. Atau sistem PHEV seperti di Chery Tiggo 9 CSH yang baterainya bisa diisi dengan cara dicolok langsung ke sumber listrik.

Tapi konsep series hybrid juga sebetulnya enggak cuma ada di Daihatsu Rocky (dan lokomotif diesel elektrik) saja. Di Indonesia, ada Nissan yang sudah duluan menjual mobil hybrid jenis ini.

Lini hybrid e-Power dari Nissan

Yup, Nissan e-Power yang disematkan pada Kicks, Serena, hingga X-Trail juga punya cara kerja yang mirip dengan Daihatsu Rocky. Tenaga dari mesin hanya digunakan untuk mengisi ulang baterai saja.

Tapi kalau mau penjelasan paling sederhana dari cara kerja mesin series hybrid ya ibaratkan saja mobil full EV tapi kemana-mana bawa genset buat ngecas baterainya.

Kebayang kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *